Cumi-Cumi itu Tak Semuanya Menyebalkan…

Viewed: 2454

Up2ti.Fmipa, Bagi kebanyakan netter yang mengingnkan kebebasan internet tak terbatas, mungkin cumi yang satu ini menjadi musuh yang menyebalkan. Namun, tak selalu demikian, tergantung dari Net-Admin dalam mengkonfigurasi si-Cumi itu sebagai apa dan bagaimana.

Cumi-cumi baik yang tentunya tidak menjadikan lalu-lintas data menjadi semakin lambat/terhambat, dan juga tidak terlalu banyak larangan. Cumi-cumi yang baik tentunya akan membuat lalu lintas data semakin efektif, dan kalaupun jalan( baca: bandwidth ) tidak segitu lebar, si cumi tetep mengusahakan data yang besar bisa lewat( baca : download ) dengan tidak sama sekali melarangnya untuk lewat, tentunya walau dengan kecepatan yang tidak begitu kencang, hal yang terpenting adalah aktifitas browsing menjadi prioritas yang utama daripada download.

Cumi-cumi yang baik akan memperingatkan kepada Netter jikalau halaman website yang diakses mengandung unsur yang tidak sepantasnya dibuka, jikalau memang ternyata website yang dituju tidak baik dan aman maka si Cumi harus dengan senang hati menerima masukan dari Netter untuk bisa menghapus url website tersebut dari daftar blacklist atau memasukkan ke dalam daftar whitelist, hal ini penting karena tidak semua website yang diblokir oleh si Cumi (baca: squidGuard) itu benar-benar tidak baik.

Untuk para NetAdmin baiknya demokratis dalam men-setup peran si cumi, agar dia benar-benar bermanfaat dan menjadi polisi yang baik bagi para Netter, tentunya dengan resep yang tepat maka Cumi-cumi akan menjadi sajian yang lezat ( baca: buat orang laper ).

This entry was posted in Info Techno, Networking and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco